Tips Mengubah Fungsi Tombol Power Laptop

Tombol Power Laptop

Tombol power laptop mungkin telah menjadi bagian dalam keseharian Anda. Setiap ingin memulai aktivitas yang berkaitan dengan laptop, tombol power memegang peran sentral untuk menghidupkan laptop. Namun, apakah Anda pernah kepikiran untuk mengalihfungsikan tombol power? Atau apakah Anda pernah mencari tahu tentang cara kerjanya?

Selama ini, sebagian besar dari manusia mungkin menganggap bahwa tombol power hanya untuk melakukan shutdown atau menghidupkan laptop saja. Dilain itu, masih ada beberapa fungsi dari tombol tersebut yang jarang diketahui yang dapat diatur sesuai keinginan Anda.

Akan tetapi, juga ada saat dimana tombol tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang membuat Anda harus mencari cara lain untuk menghidupkan laptop. Kerusakan yang disebabkan oleh debu-debu karena keyboard yang jarang dibersihkan menjadi alasan umum orang-orang harus mencari cara lain untuk menghidupkan laptop.

Tips Mengubah Fungsi Tombol Power Laptop

Untuk merubah penggunaan tombol power, Anda perlu melakukannya dari menu settings. Yang akan dijelaskan kali ini adalah yang dari versi Windows 7. Jadi, belum tentu tips ini akan berjalan untuk sistem pengoperasian yang lain. Silahkan disimak!

  1. Langkah Pertama: Pilih Start dan menuju ke Control Panel
  2. Langkah Kedua: Masuk ke menu Hardware and Sound
  3. Langkah Ketiga: Dibagian Menu Options, Klik pada menu Change What The Power Buttons Do
  4. Langkah Keempat: Setelah itu, pilih menu When I Press The Power Button dan atur sesuai dengan keinginan Anda

Dibagian tersebut, Anda dapat mengatur sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Ada dua menu yaitu On Battery dan Plugged In. Dengan demikian, tombol power Anda dapat dikustomisasi sesuai dengan sesuai keinginan Anda. Jangan lupa, setelah memilih dan merubah menunya, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Wifi Laptop Tanda Silang Terbukti Berhasil

Lalu bagaimana jika tombol power laptop tidak berfungsi? Jangan takut, ada alternatif untuk menggantikan tombol tersebut agar dapat menghidupkan laptop. Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan celah-celah tombol power tersebut. Cukup pakai brush kecil agar dapat masuk ke dalam celah-celahnya.

Lalu jika itu belum berhasil, besar kemungkinan tombol power dan switchnya patah. Hal ini mengakibatkan Anda harus melakukan pergantian switch tombolnya. Namun jika masalah masih belum terselesaikan, berarti kerusakan ada pada baterai atau komponen-komponen dalam laptop. Jadi, harus dibawakan langsung kepada teknisi atau melakukan servis laptop.

Cara Kerja Tombol Power Laptop

Untuk menghidupkan laptop, arus dan rangkaian listrik merupakan hal yang utama. Arus ini dialirkan dan ditampung oleh perangkat yang dinamakan Power Supply. Power supply menjadi komponen elektronik yang berfungsi sebagai penyedia arus listrik, sekaligus menjadi tempat merubahnya tegangan AC menjadi arus DC.

Setelah itu, arus listrik itu kemudian diubah menjadi daya atau energi untuk keperluan menghidupkan laptop dan komponen-komponen lainnya. Dengan demikian, kita tahu bahwa tombol power laptop tidak bekerja sendiri. Ia bekerja bersama dengan bagian dalam komputer yang disebut IC Control yang juga mengatur kinerja keyboard.

Laptop menjadi bagian dalam sehari-hari sebagian besar manusia. Segala aktivitas kini telah dikaitkan dengan laptop. Kita butuh sebuah tombol untuk menghidupkan laptop. Namun, hanya sedikit yang tahu bawa tombol tersebut dapat kita ubah sesuai dengan kemauan kita, seperti sleep, shutdown, lock, dan lain-lain.

Adapun alternatif lain yang dapat digunakan untuk menghadapi tombol yang rusak. Pembersihan juga sangat dibutuhkan agar baik keyboard dan tombol power pada laptop dapat berfungsi dengan baik. Karena kita tahu bahwa sistem kerja yang cukup rumit pada tombol power laptop membuatnya menjadi sangat sensitif terhadap benda asing.

Baca Juga  Laptop Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *