Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Seringkali ketika laptop tidak mau menyala, lampu indikator hanya berkedip membuat bingung dan akhirnya menyerahkan ke tempat servis dengan mudahnya. Padahal mungkin saja ada acara cukup mudah untuk dilakukan mengatasi masalah ini. Oleh karena itu Anda tepat sekali mampir kesini.

Kerusakan laptop disebabkan oleh banyak hal yang mungkin saja menjadi kesalahan Anda karena tidak merawat dengan baik atau memang ada masalah lain. Jika kerusakan masih ringan Anda mungkin tidak akan panik karena bisa dengan mudah menemukan solusinya di internet. Namun bagaimana jika laptop sampai tidak bisa menyala?

Kesalahan yang terjadi saat laptop tidak bisa menyala adalah pengguna sering melepas pasang baterai untuk memastikan. Selain itu menekan tombol power berkali-kali juga menjadi kesalahan yang cukup fatal dilakukan ketika dalam kondisi seperti ini. Ada beberapa hal yang harus Anda cek terlebih dahulu sebelum memperbaiki laptop Anda.

Ketika lampu indikator laptop Anda masih menyala maka menandakan bahwa chipset masih bekerja. Kesalahan laptop yang tidak mau menyala, lampu indikator hanya berkedip ini menandakan mungkin saja terjadi pada sistem motherboard laptop Anda. Kenali penyebab dan cara memperbaikinya pada penjelasan kali ini.

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala dengan Baik

Beberapa penyebab yang sering terjadi akibat lampu indikator hanya berkedip dan tidak ada aktivitas kerja di laptop alias laptop padam atau tidak menyala adalah sebagai berikut.

  1. Baterai Laptop Habis

Penyebab yang pertama ini tidak perlu banyak langkah untuk memperbaikinya. Anda juga tidak perlu panik karena tidak akan membuat laptop Anda rusak selamanya. Jika laptop kehabisan baterai maka memang seharusnya laptop tidak akan bisa menyala. Anda hanya akan melihat lampu indikator menyala untuk memberitahukan beberapa saat saja.

  1. Kerusakan pada BIOS

Penyebab kedua yang muncul saat laptop tidak mau menyala tetapi lampu indikator hanya berkedip adalah kerusakan pada BIOS. Ini penyebab yang harusnya Anda hindari karena Anda perlu membawanya ke service center untuk mengetahui kelanjutan masalahnya.

  1. RAM Rusak

Jika Anda kerap kali mengalami laptop yang mendadak mati padahal mesin terdengar masih menyala dan lampu indikator masih berkedip maka ini bisa berarti bahwa ada kerusakan pada RAM laptop Anda. Maka ini tentu cukup berbeda dengan kerusakan pada BIOS seperti sebelumnya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Wifi Laptop Tanda Silang Terbukti Berhasil

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Mau Menyala

Memperbaiki laptop secara mandiri mungkin kedengarannya cukup mengkhawatirkan apalagi jika sebelumnya tidak memiliki pengetahuan dan wawasan seputar barang elektronik satu ini. Namun Anda tetap bisa memperbaiki laptop sebagai awal untuk mengetahui bagian kerusakannya seperti cara di bawah ini.

Cara pertama ini cukup mudah untuk Anda lakukan karena biasanya kesalahan terjadi hanya akibat panik yang berlebihan. Anda mencoba menyalakan laptop tidak mau menyala namun lampu indikator hanya berkedip secara terus menerus tanpa mengetahui penyebabnya yaitu akibat kehabisan daya. Anda tidak boleh menyepelekan hal tersebut.

Jika Anda membiarkan laptop terus menerus kehabisan daya sampai membuatnya tidak bisa menyala kembali maka ini tanda-tanda menuju masalah lebih besar nantinya. Anda bisa memperbaiki kesalahan ini dengan melakukan pengisian daya. Pastikan bahwa baterai laptop terpasang dengan benar dan pasang kabel charger yang sesuai dengan laptop Anda.

Masalah lebih besar yang terjadi adalah kerusakan pada bagian dalam laptop. Tahukah Anda bahwa jika salah satu perangkat bagian dalam laptop rusak dapat menimbulkan masalah yang lebih parah nantinya? Oleh karena itu Anda bisa periksa bagaimana keadaan laptop Anda saat ini. Jika RAM yang ada di laptop Anda rusak maka cukup dengan menggantinya.

Anda tidak perlu panik karena mengganti bagian RAM yang lama dengan baru adalah cukup mudah. Bahkan sudah ada banyak video tutorial yang bisa Anda dapatkan untuk masalah satu ini. Pastikan untuk membeli RAM yang benar dan sesuai. Agar tidak terjadi kerugian maka Anda bisa dengan mencoba RAM dari laptop lain.

Mengganti RAM juga bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Sudah ada banyak video tutorial yang bisa Anda temukan untuk membantu Anda mengganti RAM laptop. Sehingga kejadian seperti laptop tidak mau menyala namun lampu indikator hanya berkedip dapat Anda atasi dengan baik.

Baca Juga  Laptop Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *