Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Bagi Anda yang memiliki laptop, masalah-masalah pasti tidak bisa terhindari, termasuk laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Laptop yang usianya masih bisa digolongkan muda saja sudah ada masalahnya. Apalagi laptop yang sudah menginjak usia diatas 7 tahun. Pasti masalah-masalah akan sangat sering dijumpai.

Namun, pernahkah Anda mengalami masalah saat Anda mematikan laptop, tapi lampu indikator masih menyala? Ini merupakan salah satu penyakit pada laptop yang umum dijumpai. Hal ini sungguh aneh, mengingat jika telah melakukan shutdown, secara otomatis seluruh kegiatan laptop akan terhenti dan lampu indikator juga ikut mati.

Baca Juga  Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

Untuk menghadapi masalah pada laptop kesayangan Anda ini, memang tidaklah mudah. Apalagi dalam beberapa kasus, lampu indikator sama sekali tidak berhenti menyala meskipun telah dibiarkan berjam-jam. Untuk itu, kami merangkum beberapa hal yang menjadi penyebabnya serta cara-cara untuk mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup.

Penyebab Lampu Indikator Baterai Tetap Menyala

Terdapat banyak model laptop dan komponen-komponen didalamnya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, belum diketahui pasti penyebab utama yang terjadi di laptop Anda. Namun, pada kasus kebanyakan penyebabnya mirip-mirip. Jadi secara umum dapat kita ambil beberapa penyebab kasus ini antara lain:

  1. Permasalahan perangkat keras (Hardware)

Hardware umumnya menjadi akar seluruh permasalahan pada laptop. Jadi, penting untuk Anda curigai mengenai kinerja hardware Anda yang mungkin bermasalah hingga membuat lampu indikator tetap menyala.

  1. Rangkaian listrik yang bermasalah

Laptop didominasi oleh tegangan listrik. Jika laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup, besar kemungkinan berarti tegangan adapter dan rangkaian listrik yang telah masuk ke laptop tidak bekerja dengan baik sehingga bermasalah pada laptop Anda

  1. Masalah Driver laptop Anda

Pemprograman pada laptop biasanya dilakukan oleh driver. Dengan demikian, lampu indikator yang menyala menjadi indikasi bahwa masih adanya kegiatan pemprograman yang membuat lampu indikator menyala

  1. Laptop tidak secara baik dimatikan

Ini yang paling sering terjadi. Disaat Anda sangat terburu-buru mematikan laptop Anda hingga Anda melakukan “Force Shutdown”. Ini membuat laptop Anda belum sempat mematikan aplikasi yang dijalankan hingga masih terdapat aplikasi yang hidup dan lampu yang menyala.

Baca Juga  Cara Memunculkan Wireless Network Connection di Windows 7

Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Jika Anda telah paham mengenai penyebab-penyebab umum yang membuat laptop Anda bermasalah ini, tentunya Anda menginginkan solusi yang bisa untuk mengembalikan performa laptop Anda menjadi lebih baik. Yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Melepas dan Memasang Baterai

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah melepas baterai dari tempatnya, dan kembali memasangnya dengan baik. Ini bertujuan agar aliran listrik yang mungkin bermasalah pada baterai dapat terselesaikan dengan baik dan dapat membuat fungsi laptop menjadi normal

  1. Upgrade Driver

Oleh karena driver memegang peran penting dalam pemprograman, dengan melakukan upgrade pada driver, seluruh sistem dalam laptop juga akan diperbaharui sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup.

  1. Edit Pengaturan pada Control Panel

Untuk melakukan ini, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menuju ke Control Panel – Hardware dan Suara – Pada Opsi power, pilih Ganti tombol power – Sesuaikan dengan keinginan Anda – Pada saat saya menekan tombol daya dan saat menutup penutupnya – Shutdown – Klik Simpan.

Baca Juga  Cara Atasi Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Meskipun model laptop berbeda-beda, namun Anda perlu mencoba cara-cara tersebut daripada laptop Anda akan bermasalah kedepannya. Laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup bisa menjadi permasalahan yang berujung kepada perusakan laptop sehingga harus ditangan dengan serius.