Di India, Whatsapp Sudah Bisa Jadi Alat Pembayaran! Indonesia Kapan?

Kapan Indonesia Bisa Gunakan Whatsapp Sebagai Alat Pembayaran?

Whatsapp sebagai salah satu platform media milik Facebook, belakangan banyak melakukan perubahan guna menjadikan whatsapp sebagai media yang multiplatform. Sebelumnya whatsapp sudah menghadirkan fitur dimana media ini bisa digunakan di berbagai perangkat dalam satu waktu. Dengan demikian whatsapp juga meningkatkan fitur enkripsinya karena nantinya whatsapp harus bisa mengirim berbagai pesan ke perangkat yang berbeda. Selain itu ambisi Mark Zuckerberg tidak hanya sampai disitu, ia juga mengembangkan whatsapp agar bisa menjadi alat pembayaran. Menurutnya fitur ini akan sangat membantu saat pandemi seperti saat ini, dimana dengan adanya fitur pembayaran melalui whatsapp maka tentunya bisa meminimalisir para pengguna untuk melakukan pertukaran uang secara langsung dengan orang lain.
Nampaknya fitur terbaru tersebut mendapat sambutan yang baik dan terus dikembangkan dalam beberapa tahun ini. India beberapa tahun ini mendapatkan kesempatan untuk bisa menggunakan fitur pembayaran tersebut di whatsapp. Penggunaan alat pembayaran Whatsapp di India menjadi awal penggunaan fitur baru tersebut di dunia. Sebutan untuk fitur pembayaran terbaru di Whatsapp ini adalah Whatsapp Pay. Kira-kira setelah India, Negara mana yang akan menjadi target peluncuran whatsapp pay selanjutnya? Apakah whatsapp pay di Indonesia juga akan segera meluncur?

  • Whatsapp Pay
    Sebelumnya pada tahun 2018, Whatsapp sudah mulai meluncurkan alat pembayaran whatsapp yang disebut Whatsapp Pay dalam versi beta, namun tidak langsung bisa digunakan dan whatsapp tak kunjung bisa menyempurnakan peluncurannya karena pihak India merasa belum yakin dengan keamanan data di dalam fitur baru tersebut. India merupakan pengguna terbesar whatsapp dengan 400 juta pengguna sehingga tak heran jika India pun sangat berhati-hati dalam meluncurkan layanan ini, pasalnya layanan ini tentunya berkaitan dengan ekonomi masyarakat.
    Badan Pengatur Pembayaran Ritel India akhirnya menyetujuinya dan saat ini masih dalam tahap peluncuran. Saat ini sudah ada 5 bank di India yang bekerja sama dengan Whatsapp dalam meluncurkan fitur baru ini. India masih sangat berhati-hati dan hanya mengizinkan peluncuran fitur ini secara bertahap dan perlahan-lahan, sembari melihat respon dari para penggunanya. Tentunya Indonesia sebagai salah satu Negara dengan pengguna whatsapp yang cukup banyak juga mengantisipasi adanya fitur ini. Apalagi sejak pandemi, kebiasaan berbelanja online memang semakin meningkat, sehingga jika Indonesia pun bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mudah menggunakan whatsapp, tentunya akan sangat membantu. Maka dari itu wacana mengenai Whatsapp pay di Indonesia juga mulai dipertanyakan oleh banyak orang.
  • Whatsapp Pay Di Indonesia
    Pada akhir tahun 2019, Whatsapp mulai meluncurkan fitur belanja terbaru dari Whatsapp, fitur ini digunakan untuk memudahkan para penjual memperkenalkan barang dagangannya melalui Katalog yang disediakan oleh Whatsapp, sehingga dengan fitur katalog itu pembeli bisa melihat-lihat barang dagangan yang ditawarkan penjual. Namun fitur tersebut hanya sebatas untuk melihat produk saja, sedangkan pembeliannya belum bisa dilakukan melalui whatsapp. Namun tentunya fitur ini bisa disebut sebagai awal akan diluncurkannya fitur Whatsapp pay di Indonesia.
    Setelah itu pada tahun 2020 akhirnya fitur jual beli mulai dikembangkan di Whatsapp, sehingga Anda sebagai pembeli tidak hanya bisa melihat produk yang ada di etalase penjual namun juga bisa memasukkannya ke dalam keranjang pembelian dan memilih metode pembayaran serta metode pengirimannya. Namun karena pada saat itu masih dikembangkan, masih belum jelas metode pembayaran dan pengiriman seperti apa yang bisa digunakan. Belakangan beredar info bahwa Facebook sebagai pemilik Whatsapp mengalirkan sejumlah dana kepada Gojek, disebut-sebut bahwa dana itulah yang akan digunakan untuk menyempurnakan fitur belanja di Whatsapp, sehingga kemungkinan besar Anda akan dapat membayar belanjaan Anda dengan menggunakan GoPay.
    Hingga saat ini fitur tersebut masih terus dikembangkan sehingga belum banyak pengguna whatsapp yang mengetahui mengenai adanya fitur Whatsapp Pay di Indonesia. Namun kita tetap dapat mengantisipasi adanya pembaruan fitur ini dalam waktu dekat di Indonesia. Tentunya akan sangat membantu jika bisa melakukan transaksi dengan aman dan mudah menggunakan whatsapp. Semoga benar-benar dapat membantu para pengguna dalam melakukan sejumlah pembayaran melalui Whatsapp.
Baca Juga  Review Full Spesifikasi dan Harga Realme C25

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *