Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Ada beberapa kondisi yang membuat Anda harus mengetahui cara menghidupkan laptop tanpa tombol power. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Anda perlu mengingat ingat perlakuan apa yang diperbuat sebelumnya sampai laptop Anda berada pada kondisi tersebut.

Sebenarnya hal tersebut bisa saja diakali dengan cara ketika hendak mematikan laptop Anda tidak perlu memilih fitur ‘shut down’ melainkan hanya ‘sleep’ saja. Maka jika layar laptop kemudian dibuka maka akan otomatis menyala. Jika tidak Anda bisa menekan di sembarang tempat.

Namun jika laptop tidak mau hidup akibat adanya masalah maka Anda tidak bisa menggunakan cara tersebut. Atau bisa saja Anda lupa melakukan fitur ‘sleep’ maka terdapat alternatif cara yang akan membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena Langkah yang diperlukan sebenarnya cukup mudah.

Walau begitu, jika karena sesuatu telah rusak dalam laptop Anda maka sebaiknya Anda membawa laptop tersebut ke service center terdekat. Hal ini untuk tetap membuat Anda merasa nyaman ketika bekerja. Selain itu juga laptop yang baik perlu perawatan yang baik juga agar dapat bekerja optimal.

Beberapa Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Cara untuk menghidupkan laptop tanpa tombol power yang pertama adalah dengan menyambungkan laptop dengan stop kontak. Arus listrik yang mengalir ke laptop akan menyalakan layar laptop secara otomatis. Namun jika laptop Anda tidak punya cadangan baterai maka laptop tersebut tidak akan menyala secara otomatis.

Baca Juga  Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

Cara selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan jenis keyboard wireless. Usahakan agar keyboard wireless dengan laptop Anda berada pada jarak yang cukup jauh. Hal ini karena keyboard akan bekerja jika berada pada jarak yang cukup jauh. Jika berada pada jarak yang dekat maka bisa menggunakan alternatif keyboard kabel.

Alternatif cara lain adalah dengan masuk ke BIOS. Pada BIOS terdapat alternatif tombol yang bisa digunakan yaitu F12, DEL, dan juga F2. Perbedaan jenis laptop bisa membuat perbedaan cara masuk. Pencet salah satu tombol yang tertera agar Anda bisa menghidupkan laptop tanpa menggunakan tombol power.

Cara menghidupkan laptop tanpa tombol power selanjutnya yaitu setelah berhasil masuk ke BIOS maka opsi power management setup akan muncul. Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menekan enter untuk segera masuk kesana. Anda juga bisa mengganti sendiri tombol apa yang bisa digunakan untuk menghidupkan laptop.

Alasan Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Tentu menghidupkan laptop tanpa menekan tombol power bisa terjadi karena beberapa alasan. Alasan yang paling umum adalah tombol power pada laptop sudah rusak. Tidak bisa ditekan untuk menghidupkannya. Tentu hal ini bisa menjadi pengganggu ketika Anda sedang ingin bekerja dengan laptop.

Selain itu alasan mengapa cara menghidupkan laptop tanpa tombol power penting diketahui karena terdapat adanya kerusakan pada laptop seperti hardware contohnya. Jika hardware mengalami kerusakan maka tidak cukup hanya menekan tombol power saja tetapi harus dengan bantuan tombol dan aliran listrik lainnya agar mau menyala.

Alasan selanjutnya bisa terjadi karena aliran listrik yang tidak stabil. Tegangan yang tidak stabil akan mempersulit Anda dalam menghidupkan laptop. Hal ini karena biasanya laptop membutuhkan daya dan tegangan tertentu agar mampu menyala. Jika hal tersebut terjadi maka segera cek aliran listrik di rumah Anda.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Laptop Rusak Power Menyala Layar Tidak Tampil

Selanjutnya adalah baterai laptop yang mengalami kebocoran. Jika hal tersebut terjadi maka secara tiba tiba laptop Anda bisa saja mati dan tidak mau menyala bahkan setelah menekan tombol power. Mengetahui penyebab dan cara mengatasinya mengenai cara menghidupkan laptop tanpa tombol power akan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *