Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

Modernisasi kadang membuat bingung, terlebih lagi ketika tidak tahu cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam. Apa manfaat dengan adanya jenis baterai seperti itu? bentuk fisik dari laptop akan lebih tipis dari pada variasi yang lepas-pasang. Kebanyakan laptop Asus zaman sekarang memang seperti itu.

Memang, masih ada model lepas-pasang pada merk Asus. Hanya saja, jika bentuk fisiknya tipis serta ringan, dibawa-bawa juga tidak terlalu berarti. Cukup membawa tas biasa juga bisa masuk. Selain itu, terlihat sangat trendi karena model slim tersebut.

Akan tetapi ketika mengalami masalah, Anda harus bersabar karena cara menghidupkan laptop Asus yang mati baterai tanam itu sangat berbeda sekali dengan jenis baterai bisa dilepas. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri. Silakan simak penjelasan dari kami di bawah.

Ketahui Penyebab Laptop Asus Baterai Tanam Mati

Dibandingkan dengan laptop pada generasi pertama, jenis satu ini memang dianggap lebih stylist dengan tampilan ramping dan sangat ringan, sehingga ketika dibawa ke mana saja, sangat mudah.

Akan tetapi, menjadi sangat sulit untuk melakukan perbaikan secara hard reset. Karena biasanya bila perangkat mati secara tiba-tiba, jalan tercepat memperbaikinya adalah mencabut baterai dan pasang kembali.

Tapi akan sedikit sulit untuk melakukan cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam. Meski begitu, Anda sendiri masih bisa memperbaikinya secara otodidak, yaitu dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Baca Juga  Cara Atasi Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Karena tidak mungkin memperbaiki tanpa tahu penyebabnya, beberapa kemungkinan yang terjadi karena :

  1. Windows tiba-tiba berhenti dan gagal merespon perintah. Hal tersebut bisa menyebabkan laptop tiba-tiba berhenti dan tidak bisa dinyalakan kembali.
  2. Bahaya juga ketika software yang terinstall mengalami freeze atau tidak bergerak sesuai perintah. Bisa ditebak, selanjutnya perangkat mati dan sulit dihidupkan kembali.
  3. Device tidak bisa dihidupkan kembali setelah dalam mode sleep. Jadi, layar gelap tapi kondisi lampu indikator tetap hidup.

Sebenarnya, merk laptop ini tidak sulit apabila mengalami masalah mati total. Dari tiga penyebab tersebut, mana paling relate dengan kondisi perangkat sendiri. Lalu, cari bagaimana cara menghidupkannya.

Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam Paling Mudah

Sebenarnya, tiap laptop yang memiliki versi baterai tanam, mereka memiliki cara tersendiri untuk bisa menghidupkan perangkat itu kembali. Sebagai bentuk pertolongan pertama sebelum ke tempat servis, ada baiknya melihat website resmi dari Asus.

Di sana, akan ada petunjuk bagaimana menangani masalah devixe mati total pada versi baterai tanam. Telah disimpulkan, bila mengalami hal tersebut jalan terbaiknya adalah force reset atau bila diartikan adalah reset paksaan.

Prosedur ini sangat dianjurkan dan tertulis pada website resmi dari Asus. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut :

  1. Karena baterai tidak bisa dilepas, maka langkah pertama harus mencabut dulu adaptor atau charger dari stopkontak agar terputus sambungan listrik ke laptop.
  2. Setelah itu, langsung tekan tombol power dan tahan kira-kira setengah menit dan kemudian dilepas.
  3. Langkah ketiga, coba sambungkan charger dengan saluran listrik.
  4. Dan terakhir, langsung nyalakan laptop melalui tombol power seperti biasa dan melihat apakah cara tersebut berhasil dilakukan atau tidak.
Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Apabila cara tersebut berhasil dilakukan, Anda sudah bisa menggunakan laptop Asus lagi untuk bekerja, menonton film atau mungkin mengerjakan tugas. Jangan biarkan perangkat over working. Serta, hindari charging sambil memainkan laptop.

Setelah kejadian tersebut, diharapkan Anda mampu menggunakan laptop dengan sebaik mungkin agar tidak mati lagi. Apabila cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir harus merogoh kocek untuk perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *