Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Ada tipe orang yang mencari cara mengatasi laptop mati total, ada juga yang langsung menjualnya. Jadi dapat diklasifikasikan bahwa terdapat dua tipe orang dalam menghadapi kejadian laptop rusak, atau bahkan mati total. Namun, ternyata laptop mati total dapat diatasi loh, atau setidaknya masih bisa dialihfungsikan ke yang lain.

Laptop mati total dapat terindikasi dengan tidak berfungsinya sebagian besar komponen-komponen yang tidak ada reaksi. Penyebabnya pun bermacam-macam. Mulai dari terkena air, tegangan listrik, dan umur laptop tersebut. Jadi, sebenarnya laptop mati total masih bisa diatasi. Hanya saja tidak gampang.

Akan tetapi, masalah pada laptop tidak hanya terjadi pada laptop yang telah berumur. Bahkan dibeberapa kasus, banyak dijumpai laptop yang baru saja dibeli, namun malah secara tiba-tiba mati total. Oleh karena penyebab yang bermacam-macam, cara mengatasi nya juga tidak dijamin seratus persen berhasil. Namun, silahkan dicoba!

Baca Juga  Tips Mengubah Fungsi Tombol Power Laptop

Cara Mengatasi Laptop Mati Total yang Efektif

Pada dasarnya, laptop yang mati total itu banyak disebabkan oleh karena internal komputer yang bermasalah. Perangkat komputer yang bermasalah, membuat laptop menjadi tidak dapat digunakan. Perangkat-perangkat tersebut antara lain:

  1. Reparasi Power Adapter

Jangan langsung berprasangka bahwa laptop yang mati merupakan akibat dari sistem internal yang gagal. Namun, mungkin saja power adapter atau chargerannya yang bermasalah. Anda dapat melakukan pembongkaran di dalam charger Anda, dan coba periksa apakah ada yang longgar atau putus.

  1. Cek dan bersihkan Memory Internal

Cara mengatasi laptop mati total selanjutnya adalah dengan mengecek memory laptop. Lepaskan penutup laptop dan lihat bagian memory. Apakah ada masalah atau malah terlalu kotor. Jika kotor, coba bersihkan secara perlahan agar tidak merusak. Setelah itu, coba hidupkan kembali. Jika tidak menyala, besar kemungkinan memory Anda perlu diganti.

  1. Ganti Motherboard

Aliran listrik yang terlampau besar dan tidak stabil membuat kerusakan pada laptop. Karena aliran listrik tersebut membuat laptop dan bagian lain panas hingga membakar motherboard. Namun, kerusakan pada motherboard sulit untuk diperbaiki sehingga membutuhkan orang yang telah ahli dalam bidang ini untuk menanganinya.

  1. Servis Perangkat Keras

Kerusakan yang fatal akan membuat laptop cepat rusak hingga tidak mau menyala. Oleh karena itu, harus sesegera mungkin melakukan servis perangkat keras agar kerusakan tidak semakin parah. Apalagi jika kerusakan terjadi di sekitar CPU atau GPU. Jika demikian, harus dibawa ke tempat resmi servis laptop Anda.

  1. Kerusakan Akibat Tumpahan Air

Jika segala cairan terkena laptop, itu bukan sesuatu yang baik. Cairan apapun secara langsung maupun tidak langsung akan merusak laptop apalagi kasus konsleting dengan laptop yang masih terhubung dengan listrik. Jadi jika terdapat tumpahan air, lepaskan colokkan listrik dan coba bongkar casing laptop lalu keringkan.

Baca Juga  Cara Memunculkan Wireless Network Connection di Windows 7

Fungsi lain dari Laptop Rusak

Mungkin sebagian besar dari ada pernah bertanya tentang alasan teknisi mau membeli laptop rusak. Karena yang kita tahu bahwa laptop rusak berarti laptop yang telah tidak bisa dipakai, apalagi yang telah mati total. Namun ternyata teknisi atau orang yang membeli laptop rusak memiliki alasan tersendiri untuk membelinya.

Jika laptop Anda mati total, jangan langsung menjualnya. Selain harganya yang murah, Anda dapat gunakan untuk keperluan lainnya. Jika LCD laptop tidak bermasalah, Anda dapat menjadikannya sebagai monitor tambahan. Lalu, bagian dalam laptop Anda ini bisa dijadikan sebagai alat untuk membuat PC sendiri.

Perlu dipahami bahwa laptop yang rusak Anda coba untuk melatih skill teknis Anda. Jangan setiap kali ada barang yang rusak, Anda langsung membawanya ke tempat perbaikan. Selain menghabiskan uang, Anda juga tidak dapat berkembang. Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara mengatasi laptop mati total ataupun rusak.