Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Beberapa kali mungkin Anda membutuhkan cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Hal ini karena beberapa orang mengira bahwa laptop yang mati bisa terjadi karena baterai yang kosong atau habis. Tapi bagaimana jika laptop tidak mau menyala jika dalam kondisi baterai sudah terhubung?

Beberapa laptop memiliki indikator yang menentukan apakah baterai laptop sedang dalam kondisi sekarat dengan memunculkan warna merah. Apabila baterai laptop terisi penuh maka akan memunculkan warna putih. Jika baterai memunculkan warna putih tetapi tidak mau menyala berarti terdapat permasalahan di dalamnya.

Beberapa masalah bisa terjadi seperti terjadi kerusakan pada RAM ataupun prosesor laptop. Kedua hal tersebut menjadi penyebab paling utama dalam permasalahan layar laptop tidak mau menyala. Anda perlu melakukan pemeriksaan singkat dan cepat untuk mendapatkan titik temu masalah dari laptop yang Anda alami.

Namun jangan terburu buru membawa laptop Anda ke service center terdekat. Lakukan beberapa cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup yang sederhana sebagai antisipasi saat dalam keadaan genting. Jika tetap tidak berhasil maka selanjutnya Anda diperbolehkan membawanya ke service center terdekat.

Cara yang Bisa Anda Lakukan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reset pada laptop Anda. Cara tersebut dapat dilakukan dengan menekan lama tombol power untuk beberapa saat. Jika setelah menekan lama tombol power maka layar laptop menyala dipastikan bahwa terdapat beberapa software yang sempat berhenti ketika sedang berjalan.

Setelah menekan tombol power dalam waktu 30 detik, Anda bisa mencopot semua aliran listrik atau baterai pada laptop. Hal ini untuk memberhentikan secara paksa semua aplikasi yang sedang berjalan. Setelah itu masukkan Kembali laptop dan colokkan charger untuk melihat apakah laptop sudah bekerja secara normal.

Baca Juga  Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Jika cara pertama tidak ampuh maka selanjutnya cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup adalah dengan mengecek beberapa perangkat laptop seperti RAM, motherboard, HDD, dan lain sebagainya. Jika diketahui penyebabnya adalah pada perangkat maka sebaiknya Anda perlu mengganti perangkat tersebut.

Kerusakan pada perangkat tidak bisa diperbaiki hanya dengan cara manual tetapi perlu adanya pengganti. Membeli baru bisa membuat laptop berjalan normal Kembali dan mampu bekerja secara optimal. Usahakan untuk membeli yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan laptop Anda.

Beberapa hal perlu Anda perhatikan selain cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup adalah adaptor charger atau listrik yang akan digunakan untuk mengaliri laptop Anda. Jika adaptor charger mengalami kerusakan maka bisa saja tidak terjadi pengisian pada baterai laptop.

Terkadang charger yang rusak mampu membuat laptop tidak bekerja secara optimal. Selanjutnya aliran listrik yang tidak stabil. Pastikan aliran listrik untuk adaptor charger bekerja secara sempurna. Mengantisipasi adanya konslet yang juga bisa menyebabkan laptop rusak total juga dapat dihindari.

Mengingat laptop adalah alat membantu kerja yang krusial dan jika rusak bisa menghambat kinerja Anda maka perawatan ketika menggunakannya sangat diperlukan. Segala aspek dalam laptop juga perlu perawatan agar kelak laptop Anda panjang umur dan beroperasi secara optimal.

Menjaga laptop agar tetap terawat juga karena harga perbaikan laptop jika sudah mengenai RAM, HDD, dan juga prosesor maka akan menghabiskan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu selain mengetahui cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup maka cara perawatannya juga harus diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *