Berikut Ini Link Cek Bansos PKH 2021 Ibu Hamil dan Balita Yang Dapat BST Rp 3 Juta

Ibu Hamil serta Balita Dapat BST Rp 3 Juta? Cek Link Bansosnya

Semenjak pandemi Corona merebak, pemerintah Indonesia menyalurkan beberapa jenis bantuan berupa uang ataupun sembako. Setelah pendistribusian BST untuk warga miskin, ibu hamil dan balita ternyata juga mendapatkan alokasi untuk memperoleh bantuan sosial tunai ini melalui Kemensos. Ibu hamil dan balita ini akan memperoleh bansos PKH yang bisa dicek secara online. 

Mengenal Bantuan Sosial PKH

Mungkin banyak yang masih bingung dengan bantuan sosial yang didistribusikan pemerintah Indonesia untuk masyarakat. Salah satunya adalah bansos PKH. Ini merupakan bantuan program keluarga harapan yang mana bantuan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia bagi masyarakat yang terdampak Covid 19 khususnya bagi ibu hamil dan balita. Bantuan ini berupa uang yang disalurkan secara langsung sebesar Rp. 3.000.000,-. Untuk bantuan-bantuan sosial lainnya, ada yang berupa uang yang disalurkan setiap bulan dan ada yang berupa sembako. Semuanya diberikan akibat dampak pandemi Covid 19. 

Mengecek Bantuan Sosial PKH 

Bantuan sosial PKH ini akan disalurkan oleh Kementerian Sosial bagi 10 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Untuk penyaluran bantuan sosial tunai ini, sudah disiapkan sebesar Rp. 28,71 triliun yang mana dikhususkan untuk ibu hamil dan balita. Proses pencairan bantuan ini akan dilakukan secara bertahap yang bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober di tahun 2021. Proses pencairan bantuan ini bisa melalui beberapa bank yang bekerja sama dengan Kemensos yaitu BRI, Mandiri, BNI, dan juga BTN. Bila Anda ibu hamil dan merasa masuk ke dalam kategori Keluarga Penerima Manfaat, maka Anda bisa mengecek nama Anda di link Kemensos. Pengecekan tersebut sangat mudah. Anda cukup mengecek bantuan sosial tersebut melalui halaman resmi dari kemensos yaitu cekbansos.siks.kemensos.go.id

Apabila Anda sudah mengecek nama Anda di link tersebut dan Anda kesulitan dalam proses pengecekan, maka Anda bisa mengecek bantuan sosial PKH tersebut di halaman website pemerintah provinsi Anda. Misalnya, jika Anda merupakan warga dari Provinsi Jawa Tengah, maka Anda bisa mencoba mengecek nama di link milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yaitu https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id. Untuk proses pengecekan, Anda cukup menyiapkan NIK dan masukkan NIK di kolom pencarian. Bila Anda terdaftar di penerima bantuan PKH, maka akan muncul informasi “Data Tersedia” sebagai penerima bantuan PKH dengan informasi cukup detail berupa nama penerima dan jumlah bantuan yang akan diterima. Tak hanya Provinsi Jawa Tengah saja yang menyediakan link tersebut, provinsi Jawa Barat juga menyediakannya yang bisa diakses di Cek Bantuan Sosial Pemprov Jawa Barat. Sementara itu bagi Anda yang tinggal di Provinsi Jawa Timur, maka Anda bisa mengakses di link Cek Bantuan Sosial Pemprov Jawa Timur

Jumlah Bantuan PKH untuk Ibu Hamil dan Balita 

Program bantuan PKH ini akan didistribusikan kepada ibu hamil dan balita mulai bulan Januari, April, Juli, dan juga Oktober di tahun 2021. Berapa besaran bantuan sosial tunai yang akan diterima? Inilah beberapa rincian bantuan yang bisa diterima. 

  1. Ibu Hamil mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3.000.000,-

  2. Anak Usia Dini/ Balita memperoleh Rp. 3.000.000,-

  3. Anak sekolah memperoleh :

  • SD     : Rp.    900.000,-

  • SMP     : Rp. 1.500.000,-

  • SMA     : Rp. 2.000.000,-

  1. Penyandang disabilitas akan memperoleh Rp. 2.400.000,-

  1. Penderita TBC memperoleh Rp. 3.000.000,-

  1. Para Lanjut Usia mendapatkan bantuan Rp. 2.400.000,-

Kementerian Sosial dipastikan akan memberikan bantuan sosial tunai ini untuk keluarga PKH. Walaupun ada beberapa kategori jumlah bantuan yang akan diterima, tetapi khusus tahun ini pihak Kemensos akan memfokuskan bantuan sosial ini untuk ibu hamil dan juga balita. Rentang jumlah penerimaan bantuan berkisar Rp. 900.000,- sampai Rp. 3.000.000,-. Program Bantuan Sosial Tunai ini sudah tertuang secara resmi dalam Keputusan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial sehingga siap untuk disalurkan. Pihak Kemensos akan menyalurkan dana ini kepada 10 juta KPM yang ada di Indonesia untuk mengatasi kondisi akibat dampak pandemi Covid 19 dan pencegahan stunting pada anak usia dini. Diharapkan bantuan yang didistribusikan akan bermanfaat bagi ibu hamil dan balita yang mendapatkannya. 

Baca Juga  Inilah Berbagai Situs yang Dapat untuk Diakses dengan Kuota Internet Gratis dari Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *