Cara Atasi Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Begitu paniknya ketika sudah mengisi daya cukup lama, tapi baterai laptop di charge 0% terus dan tidak bertambah. Biasanya, setelah diisi daya selama 2 jam saja sudah hampir penuh, sehingga dapat dibawa setelahnya. Apabila perangkat Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukan analisis dulu.

Teknologi adalah benda yang cukup rentan, entah dari brand ternama, apabila salah dalam menggunakannya serta tanpa perawatan, sudah pasti hal tersebut akan mempercepat kerusakan pada laptop sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, jaga semua komponen hardware di dalamnya.

Termasuk berhenti mengunduh software ilegal, karena mampu menimbulkan malware pada sistem jaringan dalam mesin komputer. Akibatnya, bisa merambat ke berbagai bagian, termasuk baterai. Maka, bisa juga terjadi kasus baterai laptop di charge hanya 0%. Berikut 2 contoh penyebab masalah tersebut muncul dan cara menanganinya.

Masalah Terjadi Karena Penggunaan Laptop Buruk

Sebenarnya, ketika terjadi masalah tentang baterai laptop di charge 0% terus, kemungkinan besar memang disebabkan oleh software atau hardware. Akan tetapi, kebanyakan pengguna laptop yang mengalami hal ini, mereka mengaku karena masalah perangkat keras menjadi penyebab kerusakan baterai.

Bila hardware yang terjadi masalah, bisa disimpulkan bahwa Anda kurang merawat baterai dalam laptop. Coba ingat-ingat kembali, kebiasaan seperti apa yang sering dilakukan ketika akan mengisi daya?

Salah satu penyebab kerusakan pada perangkat tersebut adalah waktu charge yang salah. Mungkin Anda terlalu menikmati waktu dengan laptop, sehingga tanpa sadar baterai telah habis dan mati begitu saja.

Kali ini, kami akan mengingatkan kepada Anda untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk dalam memakai laptop hingga menyebabkan baterai rusak, seperti :

  1. Setiap melakukan charging, pasti ketika keterangan pada bar sudah 0% dan itu dilakukan berulang kali. Biasanya memang karena terlalu asyik menikmati tontonan atau main game, sehingga lupa.
  2. Kemudian, kebiasaan buruk dengan melakukan pengisian daya ketika laptop sudah benar-benar mati. Itu juga rutin terjadi. Tidak salah perangkat Anda mengalami masalah pada baterai.
  3. Penggunaan adaptor yang bukan bawaan atau original dari merk laptop juga menjadi salah satu timbulnya masalah.
  4. Terlalu sering bermain laptop dengan keadaan charging, sangat rentan akan kerusakan.
  5. Dan pastikan, ketika lampu indikator pengisi daya sudah putih atau menunjukkan 100%, langsung cabut saja adaptornya.
Baca Juga  Cara Memperbaiki Laptop Rusak Power Menyala Layar Tidak Tampil

Baterai Laptop di Charge 0% Terus Karena Cell Baterai Rusak

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa bisa terjadi hal demikian pada baterai laptop sendiri, sekarang ubah cara pemakaiannya. Bila kondisi baterai ingin bertahan lama, pastikan menghindari tindakan tersebut.

Akan tetapi, ada keadaan serius ketika cell dari baterai malah mengalami kerusakan hingga benar-benar tidak menampung daya listrik dengan baik. Bila sudah seperti itu, memang untuk melakukan perbaikan, hal mustahil.

Pantas saja keadaan tetap 0% meski sudah mengisi dalam waktu beberapa jam. Maka, hal wajib yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah satu ini adalah sebagai berikut :

  1. Menguninstall Microsoft AC Adapter dan Ms.ACPI-Complient Control Method Battery.
  2. Akan tetapi, bila langkah di atas tidak membuahkan hasil yang memuaskan dan keadaannya tetap 0% ketika mengisi daya, ganti yang baru dengan syarat :
  1. Lakukan pembelian pada pusat servis brand laptop.
  2. Beli yang original
  3. Sesuai dengan tipe baterai.
  1. Dan cara terakhir apabila belum memiliki biaya membeli perangkat tersebut, terpaksa menggunakan adapter untuk menghidupkan device.

Bukannya memberikan pembanding. Hanya saja ketika terjadi kerusakan dalam pengisian daya, itu cukup mudah diatasi. Ada banyak orang yang pernah melalui problem baterai laptop di charge 0% terus dan mereka cukup mengganti perangkat keras tersebut untuk mempersingkat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *